4 Memori Penting Dalam Cisco Beserta Pengertian Dan Sejarah Cisco

Bagi anda yang mengerti dunia IT dengan bagus baik itu melalui jenjang pendidikan formal maupun dalam pendidikan informal kursus cisco, pastinya anda sudah mengenal dan tak asing lagi dengan hal yang bernama cisco. Lebih detailnya anda akan mengetahui pengertian dan sejarah cisco yang akan kami ulas dalam artikel ini. Selain memahami pengertian beserta sejarah dari cisco ini anda juga perlu tahu dan memahami beberapa jenis memori penting yang ada dalam cisco ini.  

Pengertian Dan Sejarah Cisco Secara Umum

Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai pengertian beserta sejarah terkait Cisco pada umumnya yang perlu anda pahami dengan baik :

  1. Pengertian cisco secara umum adalah alat pokok yang ada pada suatu jaringan yang berskala luas atau ini biasa disebut dengan WAN (Wide Area Network). Cisco ini juga memiliki fungsi penting sebagai penyalur suatu paket data dari alamat LAN yang satu ke alamat LAN yang lain.
  2. Sejarah Umum Cisco dimulai saat ada sepasang suami istri yakni Len dan Sandy Bosack. Sepasang suami istri ini bekerja dalam suatu departemen yang berbeda satu sama lain. Namun tetap dalam jenis department yang sama yakni department komputer. Pada saat itu tahun 1980-an mereka suatu ketika mengalami permasalahan. Permasalahan yang mereka alami adalah bagaimana cara menghubungkan 2 komputer mereka  yang berbeda agar dapat saling melakukan komunikasi.

    Setelah berfikir sejenak akhirnya mereka memutuskan untuk mencoba membuat gateway sederhana  yang mereka letakkan tepatnya di ruang tamu. Kemudian di tahun 1984-an akhirnya mereka merilis produk yang mereka namai cisco. Di tahun 1992 nama cisco yang mulanya memiliki unsur huruf c kecil dirubah menjadi Cisco dengan ejaan c besar. Hal tersebut akhirnya menjadikan Cisco ini sebagai pimpinan utama dalam networking. Hal ini juga karena Cisco mampu membantu setiap orang untuk dengan mudah menghubungkan komputer satu dengan lainnya agar saling melakukan komunikasi.

4 Memori Cisco Dalam Pengertian Dan Sejarah Cisco Secara Umum

cisco

Ada 4 jenis memori dalam dunia Cisco yang memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda. Berikut ini adalah jenis dari keempat memori tersebut :

  1. ROM. Memori yang satu ini bekerja untuk mensetting proses dari boot serta memiliki tugas untuk jalannya POST (Power On Self Test).
  2. RAM. Memori ini digunakan sebagai tempat penyimpanan konfigurasi yang tengah berjalan dan sistem operasi yang masih proses running.
  3. NVRAM. Memori yang satu ini hanya digunakan untuk penyimpanan konfigurasi di awal.
  4. FLASH. Memori yang terakhir ini berguna untuk penyimpanan IOS gambar atau image.

Dengan memahami pengertian dan sejarah Cisco beserta memori yang terlibat di dalamnya maka diharapkan anda akan semakin bisa menjalankan dan menggunakan Cisco sesuai dengan kegunaan pada umumnya. Serta dapat membawa manfaat bagi anda yang tengah berkecimpung di dunia IT.

Terutama bagi anda yang masih kesulitan dalam menghubungkan komputer-komputer yang berbeda agar dapat difungsikan untuk dapat saling melakukan komunikasi antar komputer-komputer. Anda bisa mengaplikasikan Cisco atau mempraktekkannya dalam suatu jaringan tertentu.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *