5 Langkah Cara Sablon Kaos Sublim dengan Tepat dan Benar

Sablon sekarang tidak hanya dilakukan oleh orang berkeahlian saja. Dengan 5 Langkah Cara Sablon Kaos Sublim dengan Tepat Anda pun bisa melakukannya sendiri.

Seperti diketahui, kaos merupakan pakaian yang sudah dianggap sebagai kebutuhan pokok, hal ini akan membuatnya selalu dibutuhkan dan terus diproduksi ulang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Seiring berkembangnya zaman, untuk membuat kaos lebih bervariasi dan menghilangkan kebosanan maka dilakukanlah pewarnaan ataupun sablon untuk membuatnya terlihat lebih menarik.

Sebelum Anda melakukan penyablonan tentunya Anda harus mengetahui dulu bagaimana teknik sablon dengan alat yang akan Anda gunakan. Teknik sablon kaos sublim yaitu mencetak desain yang sudah disiapkan pada kaos dengan pemanfaatan mesin press, kertas sublim, dan printer tinta sublim.

Buat Desain dan Print Menggunakan Tinta Sublim

Image Source: hygmatic.com

Langkah pertama tentunya Anda harus membuat desain terlebih dulu yang akan Anda gunakan untuk membuat sablon sesuai keinginan. Setelah desain selesai dibuat maka Anda bisa mengeprintnya menggunakan printer bertinta sublim pada kertas sublim.

Kertas sublim disini berfungsi untuk mentransfer desain Anda pada kaos, atau lebih gampangnya kertas sublim ini adalah media untuk mencetak gambar. Sebaiknya gunakan kertas transfer khusus untuk tinta sublime agar tinta dapat terserap dengan sempurna ke dalam kaos saat dipress.

Saat mencetak kertas sublim jangan sampai terbalik, untuk membedakannya terdapat bagian yang bertekstur di bagian belakangnya.

Siapkan Kaos

Setelah desain Anda tercetak sempurna, maka tahap selanjutnya adalah menyiapkan kaos yang akan disablon. Biasanya Jasa Sablon Kaos akan memasukkan Hard Carton kedalam kaos terlebih dulu agar permukaan kaos tidak ada lipatan dan menjadi rata.

Siapkan Kertas dengan Hasil Print Desain

5 Langkah Cara Sablon Kaos Sublim dengan Tepat berikutnya, letakkan kaos yang Anda siapkan ke dalam mesin press, pastikan lagi kaos rapi dan tidak miring agar hasilnya sesuai dengan yang Anda inginkan.

Kemudian letakkan kertas yang sudah diprint tadi di atas permukaan yang telah Anda rapikan. Bagian yang bertinta harus menghadap ke arah permukaan, bila perlu rekatkan dengan selotip agar kertas menempel sempurna dan tidak tergeser saat penyablonan.

Lakukan Press Kaos untuk Mencetak Desain

Kini saatnya mencetak menggunakan mesin press, agar mesin press bisa menekan dengan rata sebaiknya kerah pada baju sebisa mungkin tidak ikut masuk ke dalam mesin. Press kertas sublim pada kaos menggunakan suhu sekitar 120 – 159 Cº.

Tinta sublim pada saat dipanaskan akan terserap dan menyatu dengan bahan yang ada di depannya dan bukan hanya melapisinya, inilah yang membuat teknik sablon ini memiliki hasil yang bagus.

Dengan menggunakan suhu yang tinggi, Anda hanya perlu waktu kurang lebih 10-20 detik saja untuk mengepressnya, pastikan juga Anda menekannya dengan cukup kuat agar mendapat hasil yang merata.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.