Perpustakaan Rumah Minimalis dengan Berbagai Desain

Perpustakaan rumah merupakan salah satu bagian rumah yang jarang dibuat khususnya oleh masyarakat Indonesia. Kendalanya karena ruangan ataupun lahan dalam rumah yang tidak cukup. Namun untuk anda yang tetap ingin membangun perpustakaan rumah dengan keterbatasan lahan, anda bisa membangun dengan inspirasi berikut ini.

Desain 1

Desain 1
thespruce.com

Desain pertama datang dari rumah minimalis bergaya Amerika yang membangun perpustakaan rumah dengan modal furniture yang tidak terlalu besar dan tidak memakan tempat. Rak buku sendiri bisa anda buat ataupun membeli dengan ukuran yang tidak terlalu besar.

Anda bisa menempatkannya di ruang keluarga dan digunakan untuk rak hias atau rak batas untuk menyekat ruangan. Sehingga tidak terlalu memenuhi ruang dan juga menyulitkan anda yang memiliki rumah minimalis.

Desain 2

Desain 2
elledecor.com

Tidak memiliki ruang lagi ? khusus anda yang memiliki rumah lantai dua maka anda bisa memanfaatkan bawah tangga. Dimana bawah tangga biasanya kosong dan jadi debu saja jika tidak dimanfaatkan. Anda bisa membangun dan menambahkan kayu-kayu sebagai sekat khusus.

Nah anda bisa memanfaatkannya untuk rak dan menaruh buku di tempat tersebut. Bahkan bisa jadi hiasan dan rak lainnya, selain rak buku. Bisa untuk sepatu dan perkakas lainnya. Jika ingin aman rak buku tersebut bisa ditutup dengan pintu rak yang bening agar lebih aman dan tidak mudah di acak-acak terutama untuk anda yang memiliki anak.

Desain 3

Desain 3
westelm.com

Tidak memiliki ruang tidak jadi masalah untuk anda yang ingin menata buku dengan rapih dan baik. anda bisa membuat rak kayu dan juga menata dengan rapih. Seolah-olah hiasan dinding, dan anda bisa menambahkan hiasan lainnya di sela-sela buku. Dengan rak seperti ini anda bisa memanfaatkan kamar dan juga ruang keluarga untuk buku tersebut.

Rak yang digunakan juga bisa anda buat sendiri dan pesan di furniture yang menjual rak custom khusus. Jika beli anda bisa membelinya di toko furniture khusus yang bisa ditempel di dinding. Buku yang anda pjang juga jangan terllau barat.

Desain 4

Desain 4

Rak buku bisa anda set dan anda buat di dalam kamar. Dimana konsep seperti ini cocok untuk anda yang tidak memiliki ruang untuk membuka perpustakaan atau menambah perpustakaan. Biasanya konsep seperti ini cocok untuk anda yang ingin menaruh buku-buku khususnya buku pelajaran untuk anak-anak. Selain itu anda bisa membuatnya tepat di atas meja belajar.

Tips tambahan perpustakaan rumah

Tambahan untuk anda yang ingin membuat perpustakaan untuk rumah minimalis adalah posisi rumah. Anda harus bisa mencari atau memperhatikan dimana spot yang bisa anda selipkan untuk perpustakaan atau meletakan buku.

Karena meletakan buku sembarangan bisa menjadikan rumah anda yang minimalis semakin penuh dan sesak. Sedangkan untuk anda yang bisa menata buku dengan baik tentu akan mendapatkan ruang untuk di rumah dan buku anda tidak rusak.

Tips selanjutnya adalah rak yang tepat untuk ruang di rumah. Dimana spot atau sisa ruang masing-masing rumah berbeda, akan lebih aman bahwa anda bisa membuat rak yang tepat dan sesuai seperti rak custom. Sehingga tidak akan terlalu besar atau terlalu kecil dan bisa disesuaikan dengan koleksi buku anda.

Tips terakhir yang bisa anda terapkan untuk perpustakaan rumah adalah konsep dan desain perpustakaan yang disesuaikan dengan konsep rumah anda. jika minimalis maka perpustakaan rumah yang anda miliki ataupun jenis rak yang anda miliki disamakan. Jangan sampai timpang atau jauh berbeda konsepnya.

Sumber: Hustopia.com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.