kamera

Macam- macam Perlengkapan Bantu Fotografi

Kali ini aku hendak membagikan apa saja macam- macam perlengkapan bantu dari fotografi, perlengkapan bantu fotografi dibagi jadi 2 ialah perlengkapan bantu fotografi pemotretan serta perlengkapan bantu fotografi pencahayaan.

Nah, pada peluang kali ini aku hendak memberikan bermacam perlengkapan bantu fotografi beserta sketsanya sehingga kamu bisa mengenali secara jelas perlengkapan bantu fotograph tersebut. Oke untuk kamu yang penasaran dengan apa saja perlengkapan bantu tersebut dapat ikuti pemabahasannya berikut ini.

Filter

diykamera.com

Filter ialah suatu fitur bantu pemotretan yang berperan buat menyaring sinar yang tiba ke lensa supaya memunculkan dampak cocok dengan tipe Filter yang digunakan. Filter digunakan pada lensa bagaikan bonus pemotretan yang di taruh di depan lensa.

Dengan berkembangnya teknologi, sekarang ini kita bisa membuat foto tampak beda tanpa filter lho. Gunakan saja rumus edit lightroom dengan preset yang tersedia di sana.

Tudung Lensa

Tudung Lensa bermanfaat bagaikan penghalang/ melenyapkan sinar yang tidak di idamkan tiba ke lensa kamera yang bisa menyebabkan flare pada hasil pemotretan. Flare ini bisa merusakan hasil gambar yang diingkan. Tudung Lensa ini sangat bermanfaat paling utama pada dikala pemotretan yang berhadapat langsung dengan datangnya arah sinar.

Tripod

pixabay.com

Tripod ialah perlengkapan bantu pemotretan bagaikan guna penyangga kamera supaya tidak terdapat terbentuknya goncangan( shaking) dikala pemotretan. Tripod sangat sesuai buat pengambilan foto yang memakai speed rendah serta bagaikan menompang lensa yang panjang.

Monopod

Tidak jauh berbeda dengan Tripod, Monopod ialah perlengkapan bantu pemotretan yang mempunyai guna yang hamper sama dengan tripod cuma saja monopod cuma mempunyai 1 kaki penyangga sehingga sangat instan buat digunakan.

Background

Background ataupun kain yang kerap digunakan buat bermacam suasana pemotretan semacam perkawinan, pembuatan iklan, pemotretan studio serta sebagainya. Kain ini bagaikan latar balik dari objek yang di gambar, umumnya background ini memakai bermacam berbagai foto, pola dan corak semacam green screen.

Stand Background

Perlengkapan ini bagaikan pembantu berdirinya background yang digunakan. Stand Background paling tidak mempunyai 2 stand buat penyangga yang bisa di naik turunkan cocok kebutuhan.

Payung Reflektor

Payung ini bermanfaat supaya watak sinar yang dihasilkan pada foto lebih luas, sehingga bayangan serta cayaha totalitas terlihat jadi lebih halus.

Light Stand

Light Stand ialah perlengkapan yang bisa digunakan bagaikan menyangga lampu studio.

Honeycomb

Honeycomp ialah perlengkapan yang mirip dengan filter dengan wujud bundar semacam sarang tawon, bila filter di pasang didepan lensa honeycomp dipasang pada lampu/ sumber sinar. Berperan buat menghaluskan sinar yang jatuh ke arah obyek foto.

Flash Meter

Semacam namanya, Flash M ini berperan buat mengukur kekuatan sumber sinar yang tiba dalam pemotretan indoor ataupun outdoor. Perlengkapan ini jauh lebih akuran di bandingkan dengan light m yang terdapat pada kamera.

Soft Box

Softbox ialah perlengkapan bantu fotographi yang berperan bagaikan pencahayaan yang lembut. Soft Box ini dibuat oleh kain yang bila terus menjadi besar softbox hingga terus menjadi lembut sinar yang di hasilkan. Sinar softbox di hasilkan oleh perlengkapan bantu sinar semacam strobo maupun Barndoors.

Barndoors

Barndoors merupkan perlengkapan yang digunakan bagaikan pengarah datangnya sinar dari arah sumber sinar. Wujud dari Barndoors ini berupa persegi serta bercorak hitam.

Strobo

multimediasmkji.wordpress.com

Perlengkapan yang satu ini mirip dengan flash pada camera tetapi ukurannya yang lebih besar. Strobo mempunyai sensor yang bisa menangkap sinar utama yang bisa menjadikan strobo ini menyalah dengan otomatis kala terdapat sinar utama( main light) yang dinyalahkan. Tidak hanya itu kekuatan sinar yang di hasilkan oleh strobo dapat diatur cocok kemauan kita.

Trigger

Trigger ialah flash bonus yang terpisah dengan camera, sehingga flash bisa di pakai dengan dorongan gelombang elektro tanpa wajib di pasang di body kamera. Perlengkapan ini lumayan efisien buat membuat sinar dari arah yang kita mau.

Shutter Release

Shutter Release pula dapat di sebut kabel release sebab guna dari shutter release ini bagaikan pengganti sutter pada kamera tetapi dengan bonus kabel sehingga bisa meminimalisir goncangan dikala menekan tombo shutter.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.