Jenis Pempek Palembang kering

10 Jenis Pempek Palembang Beserta Cara Menikmatinya

Pempek adalah masakan khas Palembang yang berbahan dasar ikan. Jenis pempek digolongkan dari jenis adonan nya. Jenis adonan akan memengaruhi jenis pempek itu sendiri. Secara umum ada 3 jenis adonan pempek yakni adonan lenjer, adonan adaan, dan adonan kulit.

Jenis-Jenis Pempek khas Palembang :

1. Pempek Keriting

pempek kriting

Sesuai namanya, pempek keriting memiliki bentuk yang unik. Secara tampilan pempek ini mirip otak namun jangan salah tekstur dari pempek ini begitu lembut jika direbus namun begitu gurih ketika di goreng. Bentuknya yang mini akan membuat pempek ini langsung hap

2. Pempek Panggang

Jenis Pempek Palembang panggang

Memasak pempek tidak hanya direbus ataupun digoreng, Pempek juga bisa panggang. Apabila dipanggang, pempek akan memiliki tekstur yang lebih keras namun bagian dalamnya akan terasa lunak.

Cara menyajikan pempek panggang adalah dengan dibelah dan dimasukan ebi kemudian dicocolkan pada kecap manis. Anda akan merasakan sensasi yang berbeda, pempek panggang sangat terkenal di Palembang.

3. Pempek Lenggang

Pempek lenggang adalah merupakan jenis pempek panggang yang dibungkus daun pisang. Cara memasak pempek panggang ini adalah dengan mencampurkan bersama telur sebelum dipanggang.

Pempek lenggang terbilang memiliki rasa yang sangat gurih. Tidak hanya dipanggang, pempek jenis ini bisa juga di goreng.

4. Pempek Kulit Krispi

Pempek kulit krispi adalah jenis pempek yang pipih dan lebar. Memiliki tekstur yang cenderung renyah karenanya bentuknya yang tipis. Hal inilah yang kemudian membuat ia dikenali sebagai pempek kulit krispi sebab pempek ini terbuat dari daging ikan bagian kulit.

5. Pempek Sosis

Pempek sosis? Apakah anda pernah mencicipi pempek jenis ini?

Pempek jenis ini mirip dengan pempek lenjer, namun yang membedakan adalah sosis di bagian tengahnya. Untuk rasa, jangan ditanya lagi sebab sosis di bagian tengah membuat pempek ini lebih nikmat.

6. Pempek Bulat atau Pempek Adaan

Berbentuk bulat dan memiliki rasa yang gurih membuat pempek adaan begitu unik. Siapa sangka pempek jenis ini memiliki bentuk yang bulat dan apabila digoreng akan memiliki warna keemasan. Jenis pempek ini dibuat dari adonan yang ditambahkan potongan bawang dan santan. Untuk penyajian sendiri, pempek bulat ini tidak mengalami proses perebusan sehingga setelah adonan kalis maka langsung digoreng.

7. Pempek Belah

Pempek belah adalah jenis pempek yang penyajiannya dibelah tengah dan diberikan ebi dan sambal kecap.

Pempek belah, pempek lenjer yang berukuran kecil dan dibelah ditengahnya. Selain bentuknya yang lebih menarik, pempek ini juga memiliki rasa yang enak.

8. Pempek Dos

Pempek Dos adalah pempek yang dibuat tanpa bahan ikan satupun. Banyak yang menyebut pempek ini sebagai pempek vegetarian sebab bahan utamanya adalah DOS (tepung kanji). Pempek dos memiliki tekstur yang kenyal dan lembut tapi memiliki rasa yang begitu gurih

9. Pempek Kapal Selam

Jenis Pempek Palembang selam

Pempek jenis kapal selam adalah pempek yang familiar di kalangan pecinta kuliner.

Pempek kapal selam memiliki ukuran yang besar.

Hal ini dikarenakan dibagian tengah pempek berisikan telur.

Untuk penyajian, biasanya pempek akan dipotong-potong kecil.

10. Pempek Lenjer

Selanjutnya adalah pempek lenjer yang menjadi favorit orang palembang. Saat pembuatan pempek lenjer berbentuk panjang, namun saat akan disajikan pempek ini kemudian dipotong menjadi kecil.

Pempek jenis ini sangat cocok dinikmati dengan saos cocol. Demikian adalah jenis-jenis pempek yang perlu kamu ketahui.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang berbagai kuliner nusantara, kamu bisa cek sharing dari para ahli kuliner di Selasar.com.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.