5 Jenis Fungsi Dan Bagian Router Cisco

Sebelum mengetahui beberapa fungsi dan bagian router cisco atau komponen yang ada pada router cisco, maka terlebih dahulu perlu kita ketahui dan kita pahami mengenai pengertian dari router cisco itu sendiri. Bagi anda yang pernah berkecimpung dalam kursus cisco mungkin sudah sangat tak asing lagi dengan definisi router cisco ini.

Nah router ini yang tak lain dan tak bukan merupakan hal yang juga berperan penting dalam suatu jaringan. Router ini merupakan bagian jaringan yang mana sangat dapat berfungsi untuk menghubungkan beberapa jaringan yang berbeda satu sama lain. Dengan adanya router cisco ini maka jaringan yang tadinya tidak bisa saling berkomunikasi akhirnya dapat saling berkomunikasi dengan baik. Nah setelah memahami definisi riuter cicso itu sendiri maka selanjutnya kita bisa mulai memahami apa saja komponen dan fungsi yang ada dalam ruoter cisco tersebut.

Manfaat Dari Memahami Fungsi Dan Bagian Router Cisco

router cisco

Anda yang tengah berkecimpung dalam dunia jaringan, maka akan sangat penting bagi anda untuk memahami lebih mendalam mengenai bagaimana router cisco bekerja dalam jaringan anda dan tentu saja yang perlu anda pahami adalah apa saja bagian atau komponen yang dimiliki oleh router cisco ini beserta fungsi dari tiap komponen penting tersebut. Dengan memahami fungsi dari komponen tersebut maka anda akan dapat dengan mudah mengoperasikan router cisco untuk jaringan anda tersebut.

5 Pokok Fungsi Dan Bagian Router Cisco Pada Umumnya

bagian router cisco

  1. RAM. Bagian ini merupakan jenis memori penyimpaman yang mana komponen ini memiliki fungsi untuk seperti saving routing table, mengatur cache ARP dan fast-switching cache, memori sementara saat ada konfigurasi sebuah file, mengatasi paket buffer, dan mengatur paket dalam antrian. Bisa dibilang fungsi RAM ini adalah sebagai penyimpanan sementara untuk setiap konfigurasi yang tengah running pada suatu jaringan.
  2. ROM. Komponen yang satu ini difungsikan sebagai tempat menyimpan bootstrap yang mana digunakan untuk menjalankan POST (Power On Self Test) serta image dari IOS.
  3. NVRAM. Komponen ini memiliki keunggulan yakni isi yang ada di dalamnya tetap eksis meskipun saat itu router sedang kehilangan powernya. Fungsi dari komponen ini untuk tempat penyimpanan konfigurasi awal atau start-up.
  4. Flash Memory. Komponen ini juga memiliki keunggulan yang sama dengan NVRAM yakni data yang tetap ada walau power router hilang. Hal ini karena komponen ini merupakan electronically erasable programmable ROM. Fungsi dari bagian ini bisa untuk menyimpan beragam versi dari software IOS.
  5. Interface. Bagian yang satu ini merupakan bagian ekternal yang ada pada router. Bagian ini juga memiliki beberapa bagian kecil yang juga memiliki fungsi yang berbeda.

Berikut di atas adalah beberapa dari komponen umum yang ada pada suatu router cisco yang perlu untuk anda pahami. Dengan mengetahui fungsi dan bagian router cisco tersebut maka anda akan dapat lebih aktif dalam mengoperasikan router cisco anda.

Dengan memahaminya anda juga bisa semakin keratif dalam hal menghubungkan setiap jaringan yang ingin anda hubungkan. Walaupun beberapa jaringan tersebut dalam kelas yang berbeda-beda. So, pahami dan praktekkan dengan baik.  

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.