Daya Tarik Biografi James Buchanan yang Belum Banyak Diketahui

Mungkin masih banyak masyarakat yang belum mengetahui tentang biografi James Buchanan. Ia merupakan salah satu mantan presiden Amerika dan menjadi presiden ke 15 pada tahun 1857-1861. Sosok Buchanan dianggap cukup kontroversial karena ia merupakan tokoh yang mendukung gerakan pro perbudakan di negara.

Meskipun cukup kontroversial atas beberapa kebijakannya, James Buchanan tetap menjadi salah satu presiden Amerika yang cukup berjasa. Maka dari itu, untuk mengenal lebih dekat tokoh yang satu ini, berikut ulasan lengkapnya.

Kelahiran James Buchanan

Image Source: allthatsinteresting.com 

Dalam biografi James Buchanan, kelahiran merupakan hal yang penting untuk diketahui. Bucanan lahir pada 23 April 1791 di Merceburg, Pennsylvania. Ia terlahir dari keluarga yang berkecukupan dan berada.

Ayahnya merupakan seorang pengusaha, pedangang dan petani. Sedangkan ibunya adalah seorang wanita yang berpendidikan. Kedua orang tuanya merupakan keturunan Ulster Scot. James Buchanan adalah anak tertua dari sebelah bersaudara yang tinggal di Mercersburg, Pennsylvania.

Pendidikan James Buchanan

Pendidikan yang ditempuh Buchanan yakni di Old Stone Academy dan juga Dickinson College, Pensylvania. James Buchanan muda dikenal memiliki perilaku yang cukup buruk sehingga ia sempat diusir dari sekolah. Namun, ia memohon untuk diberikan kesempatan kedua.

Pada 19 September 1809, Buchanan lulus dari sekolahnya. Setelah itu, ia melanjutkan pendidikan hukum di Lancaster.  Ia terkenal sebagai politikus yang memiliki pengalaman sebagai pengacara yang sukses. James Buchanan berbakat pada bidang politik dan hukum.

Karir James Buchanan

Karir politik James Buchanan diawali di Pennsylvania House Representatives pada tajun 1814 hingga 1816 sebagai anggota Partai Federalis. Ia dikenal sebagai kriyikus yang kuat dalam bidang hukum dan terkenal karena andilnya di bidang hukum.

Tidak hanya itu, Buchanan juga dikenal memiliki bakat ahli debat dan ia sangat mahir dalam bidang hukum. Ketika ia menjabat sebagai Mentri Luar Negeri kebanyakan rakyat sangat menghormatinya. Karena ia terkenal dengan kepandaiannya dalam mengadakan perundingan diplomatik.

Ia memiliki ucapan yang tegas dan moderat di muka umum. Sehingga ketika melakukan perundingan ia bisa mendapatkan kesepakatan yang ia inginkan. Ia berusaha mengusahakan yang terbaik bagi negaranya dalam bidang politik dan hukum.

 

Keluarga James Buchanan

Yang paling unik dari James Buchanan yakni sosoknya yang tidak menikah. Ia menjadi satu-satunya Presiden Amerika yang tidak pernah menikah. Namun ia mengadopsi sepupu perempuannya yang merupakan yatim piatu. Sepupu perempuannya tersebut bernama Harriet Lane.

 

Harriet Lane selalu mendampingi James Buchanan saat menghadiri berbagai acara kenegaraan. Buchanan sangat menyayanginya dan memperlakukannya dengan baik seperti kepada anaknya sendiri. Harriet Lane menjadi satu-satunya ahli waris dari James Buchanan setelah ia wafat.

 

Pencapaian Karir James Buchanan

Sebagai pribadi yang terkenal pandai tentunya. banyak masyarakat yang penasaran akan biografi James Buchanan mengenai pencapaian karirnya. James Buchanan banyak mendapatkan pencapaian dari perannya di politik. Berikut beberapa prestasi dari karirnya dalam bidang politik.

 

  1. Lima kali terpilih sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Amerika
  2. Menjabat sebagai Duta Amerika Serikat Di Rusia
  3. Menjadi anggota senat selama sepuluh tahun berturut-turut
  4. Menjabat sebagai mentri luar negeri
  5. Menjabat sebagai duta Amerika untuk Inggris

Itulah biografi James Buchanan yang bisa anda ketahui sebagai bahan motivasi membangun karir anda. Sebagai pemimpin sebuah negara James Buchanan banyak mengambil andil dalam kemajuan bangsa dan negaranya. Mengetahui biografinya merupakan hal yang penting untuk menambah pengetahuan.

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.