Akibat dan Bahaya Mengkonsumsi Minuman Keras

Saat ini bukan hanya para pria saja yang suka mengonsumsi minuman keras, tetapi juga para wanita. Terlebih ada yang menjadikan minuman keras sebagai minuman sehari-harinya. Meski mereka mengetahui bahaya minuman keras, tetapi tidak menjadi masalah bagi mereka. Para peminum miras (minuman keras) baru berhenti meminumnya apabila mereka sudah merasakan sendiri dampaknya.

Bukan hanya soal minuman keras saja, bahkan hal-hal lain yang memiliki dampak negatif juga sama. Kebanyakan orang akan berhenti melakukannya apabila mereka telah mengalami sendiri akibatnya. Banyak yang sudah mengetahui bahaya minuman keras, tetapi tetap meminumnya, bahkan ada beberapa yang sering sekali meminumnya. Ada sebagian orang yang hanya sekadar tahu saja, ada yang sudah tahu dan tidak meminumnya lagi. Selain itu, ada juga yang sudah tahu, tetapi tetap mengabaikannya.

Bagi orang muslim, miras merupakan salah satu minuman yang diharamkan. Apapun ragam nama yang digunakan manusia untuk menyebutnya dan bisa membuat orang yang mengonsumsinya kehilangan akal serta mabuk, seperti arak, bir, ganja dan semacamnya. Minuman sejenis itu hukumnya adalah haram. Meski kita sedikit mencobanya karena rasa penasaran, tetaplah kita akan berdosa.

Rasulullah saw. mengartikan miras (khamr) sebagai sesuatu yang memabukkan sehingga mengakibatkan hilangnya akal. Sementara itu, akal adalah organ mulia yang dianugerahkan oleh Allah swt. untuk mengendalikan gerak-gerik anggota tubuh. Selain itu, Rasulullah saw. pernah bersabda: “Minuman apapun itu kalau banyaknya memabukkan, maka sedikitnya pun adalah haram.” (HR. Ahmad, Abu Daud, dan AT Tirmidzi).

Dalam salah satu hadis riwayat Tirmidzi dan Ibnu Majah, Nabi Muhammad saw. melaknat miras (khamr) yang memabukkan yang melingkupi sepuluh kelompok, yaitu yang memerasnya, yang minta diperaskan, yang meminumnya, yang membawanya, yang minta diantarkan, yang menuangkannya, yang menjualnya, yang membelinya, yang makan hasil penjualannya, dan yang minta dibelikan.

Sekarang ini mengonsumsi miras seakan telah menjadi gaya hidup bagi banyak orang di Indonesia. Seakan-akan bila kita tidak pernah mengetahui rasanya dan tidak pernah meminumnya, kita tidak gaul. Hal ini membuat merasa malu apabila ada seorang teman yang mengetahui bahwa kita belum pernah mencoba miras. Banyak dari mereka yang awalnya hanya coba-coba, akhirnya menjadi ketagihan dan tidak bisa meninggalkan miras.

Akibat dari Minuman Keras untuk Kesehatan

Minuman keras atau minuman beralkohol merupakan minuman yang di dalamnya terkandung etanol. Etanol merupakan bahan psikoaktif dan apabila mengonsumsinya mengakibatkan penurunan kesadaran. Etanol sendiri dapat diproduksi dari proses permentasian gandum, buah, atau ragi. Selain itu, etanol merupakan macam alkohol yang dapat diciptakan secara alami.

Selama ini kebanyakan orang mengetahui dampak dari mengonsumsi minuman keras hanyalah mabuk saja. Nyatanya, banyak sekali bahaya minuman keras yang bisa berdampak pada diri kita baik secara langsung maupun tak langsung bila kita meminumnya dalam dosis yang berlebihan.

Ada beberapa bahaya minuman keras bagi kesehatan tubuh, antara lain sebagai berikut.

Membuat Saraf Rusak

Miras bisa menyebabkan kecanduan yang luar biasa karena di dalam miras terkandung zat aditif. Apabila dikonsumsi secara kontinu, akan memicu kerusakan saraf otak yang mengakibatkan pengonsumsinya dengan gampang hilang akalnya, kesetimbangan, dan indera perabanya akan semakin berkurang sensitivitasnya.

Sakit Jantung

Salah satu bahaya minuman keras yang akan terjadi dalam jangka pendek adalah melonjaknya denyut jantung. Di samping itu, kondisi jantung pun akan melemah hingga tak bisa bekerja secara maksimal. Hal ini terjadi disebabkan miras bisa merusak sel-sel di dalam tubuh yang juga termasuk sel-sel jantung. Imbasnya, kemampuan jantung akan tak maksimal.

Menurunnya Hasrat Seksual

Bahaya minuman keras bagi yang sudah beristri, yaitu apabila sering sekali mengonsumsinya maka bisa mengakibatkan menurunnya hasrat seks dan berikutnya akan memicu terjadinya impoten.

Menurunnya Tingkat Keinsafan

Banyak bukti dan orang yang telah mengalaminya bahwa seseorang yang mengonsumsi miras jenjang sosialnya menyusut, menjadi pendiam, afeksinya meningkat dan menjadikannya cepat tersinggung juga menurunnya tingkat konsentrasi.

Metabolisme Tubuh menjadi Terhambat

Bahaya minuman keras yang lainnya, yaitu mengakibatkan rusaknya fungsi hati. Lantaran fungsi hati untuk menetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh. Untuk itu, jika hati sampai rusak maka metabolisme tubuh pun akan terganggu.

Mabuk

Sudah jelas dan merupakan imbas dari meminum miras yang telah diketahui oleh banyak orang. Bahaya minuman keras yang lain yaitu dapat mengakibatkan mual, muntah, nyeri pada bagian tubuh tertentu, dan sakit kepala.

Akibat dari Minuman Keras bagi Wanita

Minuman keras juga sangat berbahaya bagi wanita. Pengomsumsian miras yang berlebihan lebih berefek buruk untuk wanita. Pada kenyataannya, penelitian telah membuktikan bahwa wanita lebih cepat mabuk bila dibandingkan dengan pria. Para dokter memperingatkan bahwa penyakit-penyakit yang berhubungan dengan alkohol lebih cepat kelihatan pada wanita.

Ada beberapa imbas dari minuman keras bagi wanita, antara lain sebagai berikut.

Gangguan pada Bakal Bayi

Meminum miras pada saat sedang hamil akan mengakibatkan sesuatu yang fatal. Bagi para ibu yang sedang hamil sebaiknya menghindari meminum minuman keras karena nutrisi untuk si janin bayi bakal terganggu. Karena bila mereka mengonsumsi miras, nantinya bagi yang dilahirkan akan berada dalam keadaan yang kurang sempurna. Selain itu, kesehatan janin yang dikandung tergantung dari pola makan serta tingkah laku sang ibu.

Merusak Liver

Imbas kerusakan liver pada wanita lebih cepat terjadi dibandingkan dengan pria. Komposisi air yang ada di dalam tubuh wanita lebih kecil bila dibandingkan dengan pria. Pada tubuh wanita hanya ada 55% air, sedangkan pada pria ada 65% air. Untuk itu, wanita lebih gampang mabuk.

Alkohol yang diserap ke dalam darah dibawa oleh air ke dalam sel. Karena air yang ada di dalam tubuh wanita lebih sedikit, maka konsentrasi alkohol di dalam darah lebih tinggi walaupun mereka meminum miras dalam kadar yang sama dengan pria. Sekalipun organ hati wanita tidak sensitif pada alkohol, tetapi konsentrasi alkohol di dalam tubuh wanita tersebut akan membuat liver wanita makin cepat rusak dibandingkan pria.

Kekebalan terhadap Penyakit dapat Menurun dan Menyebabkan Kekurangan Gizi

Tidak ada satu pun orang yang bisa mengatakan dengan pasti apakah hal tersebut benar atau tidak. Namun, menolak untuk minum alkohol mungkin salah satu cara bagi seorang wanita agar bisa tetap sehat dan terlihat lebih muda.

Akibat Psikis dari Minuman Keras

Selain imbas bagi kesehatan dan bagi wanita, ada juga imbas psikis dari bahaya minuman keras. Beberapa imbas psikis tersebut, antara lain sebagai berikut.

Kemampuan Mengingat Terganggu

Meminum miras bisa membuat daya ingat terganggu. Gangguan kemampuan mengingat adalah ciri awal dan menonjol pada demensia seperti demensia tipe Alzheimer. Pada mula perjalanan demensia, gangguan kemampuan mengingat adalah enteng dan teramat jelas untuk kejadian yang baru terjadi.

Peranjakan Kepribadian

Peralihan karakter adalah cermin yang paling menghantui bagi keluarga pasien yang tertimpa. Masih banyak lagi bahaya minuman keras yang akan timbul apabila kita terus mengonsumsinya. Memang kebanyakan dan seringnya imbas parah tidak langsung kita alami, tetapi suatu saat imbas tersebut pasti akan kita alami.

Mencoba sesuatu yang belum pernah kita coba dan karena rasa penasaran yang besar, terkadang membuahkan sesuatu yang tidak baik khususnya untuk hal-hal yang mengarah ke hal negatif. Contohnya minuman keras.

Namun, akan lebih baik jika kita tidak pernah mencoba mengonsumsi minuman keras dan mencoba menjauhinya apabila sudah mulai kecanduan. Agar nantinya imbas terburuk dari minum minuman keras tidak terjadi pada kita. Selain itu, bahaya minuman keras lainnya juga tidak kita alami. Semoga bermanfaat.

Mengintip Alasan Para Perokok untuk Merekok Berlanjut

Ada banyak alasan merokok yang kerap terlontar dari para perokok. Diantaranya menyangkut masalah pencitraan sebagai lelaki. Alasan ini muncul akibat cibiran atau ejekan teman-temannya yang sudah merokok terlebih dahulu.

Begitu juga dengan alasan untuk mempererat pergaulan terutama karena lingkungannya turut berpengaruh terhadap kebiasaan merokok itu. Namun, alasan-alasan tersebut sangatlah tidak masuk akal mengingat bahaya yang mengancam ketika orang mengkonsumsi rokok dan menjadi pecandu rokok.

Alasan pencitraan seorang laki-laki menjadi sebuah kesia-siaan diri karena pencitraan seorang laki-laki tidak hanya terlihat dari orang tersebut merokok atau tidak, melainkan karena pola pikir dan kedewasaan yang dimilikinya. Sedangkan alasan karena solidaritas merupakan hal yang tidak etis dimana kesolidaritasan hanya ditunjukkan karena orang tersebut merokok saja.

Perlulah kita ketahui bahwa merokok tidaklah memberikan manfaat bagi kita melainkan bahaya yang mengancam jiwa bagi para pecandu rokoknya tersebut.

Pemerintah memiliki kewajiban melindungi warganya terhadap berbagai pengaruh yang dapat menyebabkan terjadinya gangguan kesehatan. Termasuk dalam melakukan kampanye maupun seruan terhadap dampak buruk dari merokok.

Namun di balik seruan dan kampanye bahaya rokok itu tentunya kita juga perlu mengetahui alasan merokok dari para perokok itu sendiri. Walaupun apapun alasannya merokok itu tetaplah menyakiti diri sendiri dan beberapa orang malah mengharamkannya.

Surga Rokok

Indonesia adalah surga para perokok. Karena negeri ini adalah surga perokok, tentunya para perokok dengan mudahnya mendapatkan rokok dalam bentuk dan jenis apapun. Harga cukai rokok yang selangit tak menghentikan para perokok dari menghentikan aktivitasnya. Kalaupun mereka sampai merasa sakit dan harus terbaring beberapa saat di rumah sakit, rokok tetap menjadi pengalihan perasaan dan pikiran setelah mereka sembuh.

Bahkan seorang perokok yang telah terkena stroke dan telah juga meracuni keluarganya hingga istrinya meninggal karena penyakit yang disebabkan oleh asap rokok, tetap saja merokok di usianya yang sudah berkepala 8. Inilah gambaran betapa hebatnya pengaruh rokok terhadap orang-orang yang telah bersentuhan dengannya. Alasan yang dikemukakan memang terlihat masuk akal. Mereka merasa mulutnya asam kalau tidak merokok.

Alasan ini sebenarnya bisa diatasi dengan melakukan detoksifikasi dan sering minum jus wortel dan makan apel. Dengan semakin banyak makan buah dan sayur, perokok lama-lama akan merasa asam dan tidak enak kalau merokok. Memang sulit menghentikan kebiasaan yang telah dilakukan selama puluhan tahun. Namun, dengan keinginan yang sangat kuat, seorang perokok yang telah merokok selama lebih dari 30 tahun pun akhirnya bisa berhenti merokok.

Tidak ada istilah merokok demi pergaulan. Setelah berhenti merokok, artinya terputus sama sekali dari rokok dan asap rokok. Teman-teman yang masih merokok pun agak dijauhi kalau memang bisa dilakukan. Bagaimanapun menjadi perokok pasif itu juga sangat berbahaya. Bayangkan saja seorang bapak yang perokok, rela lebih membeli rokok daripada sepotong tempe untuk anaknya. Padahal tempe itu sangat penting bagi pertumbuhan anaknya.

Bila dilihat dari pertimbangan keuangan, merokok ini sama dengan membakar uang. Namun, para perokok tidak melihatnya dari sana. Bagi mereka rokok adalah teman sejati yang sangat tahu kebutuhan mereka. Tanpa rokok, rasanya mereka malah tidak bisa berpikir jernih atau malah tidak bisa berkonsentrasi. Seolah ketergantungan ini telah membelenggu jiwa. Merokok sepertinya sama dengan penyakit otak. Mungkin bisa disamakan dengan penyakit Bulimia dan Anaroxia Nervosa.

Pengaruh rokok ini malah telah merasuki jiwa anak-anak usia dini. Dengan santai tanpa rasa berdosa anak-anak berseragam sekolah dasar menghisap rokok di pinggir jalan. Mereka merasa sangat bebas dan merasa rokok telah menaikkan rasa percaya dirinya. Luar biasa sekali apa yang telah diberikan rokok kepada jiwa-jiwa murni anak bangsa itu. Orangtua bahkan tak kuasa melarang anak-anak yang telah terpengaruh lingkungan itu.

Para guru hanya bisa melarang anak-anak itu tidak merokok di sekeliling sekolah. Selanjutnya, mereka bisa saja merokok di tempat lain. Di lingkungan rumah sakit pun para perokok ini seakan tidak mampu menahan nafsunya untuk merokok. Sungguh sesuatu yang sangat keji. Para petugas yang ada di rumah sakit malah diam saja dan tidak mempunyai taring. Mereka seakan memaklumi keadaan bahwa bukan hal yang menyenangkan menunggu orang yang sakit. Merokok dianggap sebagai ajang melepaskan rasa stres.

Daripada mereka bunuh diri atau melakukan hal lain yang lebih keji lebih baik membiarkan mereka merokok. Jangankan para penunggu pasien, dokter yang merokok di tempat kerja juga ada. Luar biasa ketidakpedulian orang terhadap orang lain. Di hotel, di rumah makan yang tertulis larangan merokok pun tidak diindahkan. Inilah Indonesia, sebuah negara surga para perokok. Bangsa ini seakan tidak berdaya dibuat oleh rokok. Banyak sekali hambatan ketika rokok benar-benar dilarang.

Mata pencarian banyak orang bisa tergerus dan pemerintah sangat takut kalau tingkat pengangguran meningkat gara-gara rokok benar-benar dihanguskan atau dibatasi seperti halnya minuman keras impor. Tidak mudah memberikan solusi agar ada langkah pengurangan jumlah perokok. Merokok itu terlihat begitu menyenangkan. Padahal efek samping dan akibatnya sangat besar. Gigi yang menguning dan bau badan serta bau mulut yang tidak sedap, tidak menghentikan orang untuk berhenti merokok.

Alasan ini tentunya penting sekali untuk memahami kebiasaan merokok dari para perokok. Tentunya tidak akan menguntungkan bila anggaran yang dikeluarkan pemerintah untuk kampanye anti rokok tidak membuahkan hasil. Apalagi anggaran itu tentunya tidak kecil, baik untuk pembuatan iklan, membuat berbagai bentuk seruan, maupun berbagai bentuk kampanye lainnya.
Tuntutan Profesi

Ada banyak alasan yang kerap terlontar dari para perokok tentang kegemaran mereka menghisap rokok. Diantaranya menyangkut masalah pencitraan sebagai lelaki. Alasan ini muncul akibat cibiran atau ejekan teman-temannya yang sudah merokok terlebih dahulu.

Begitu juga dengan alasan untuk mempererat pergaulan terutama karena lingkungannya turut berpengaruh terhadap kebiasaan merokok itu. Padahal kalau ingin dihentikan, masih banyak orang yang mempunyai pergaulan yang luas tanpa merokok. Malah para non perokok ini mempunyai lingkungan pergaulan yang lebih baik.

Mereka yang tidak merokok mendapatkan pergaulan yang lebih menyenangkan dengan gaya hidup yang lebih menyenangkan juga. Lihatlah apa yang terjadi pada para perokok. Lingkungannya terlihat tidak menyenangkan. Bagaimana menyenangkan kalau dalam mobil ber-AC penuh dengan asap rokok. Penyakit akan sangat mudah menyebar. Para perokok ini juga biasanya sangat egois dan tidak peduli dengan orang lain. Dalam kamar hotel atau kamar mandi ia tetap merokok. Sungguh sangat keterlaluan.

Kebiasaan merokok yang terjadi pada kaum perempuan tak sedikit disebabkan atau didorong oleh pengaruh pergaulan maupun tuntutan profesi. Para artis, selebriti, maupun para pengusaha umumnya membutuhkan media yang dapat merekatkan hubungan maupun jaringan mereka. Salah satunya melalui rokok. Mereka merasa bahwa pergaulan dengan rokok ini sangat santai dan bisa membina hubungan yang jauh lebih baik.

Selain itu, kebiasaan merokok juga berhubungan dengan reaksi tubuh terhadap lingkungan. Seperti yang dilakukan para perokok yang tinggal di wilayah yang dingin. Orang Barat yang tinggal di kawasan bersalju umumnya melawan dinginnya udara dengan cara merokok. Tidak bisa dipungkiri bahwa merokok itu terlihat begitu santai. Dunia seolah berada di dalam genggaman. Mereka mungkin tidak memikirkan bagaimana tubuh bagian dalam meronta dan tidak mau menerima asap rokok.

Begitu juga dengan orang-orang ataupun sejumlah suku yang tinggal di pegunungan, umumnya banyak yang merokok. Baik yang laki-laki maupun yang perempuan. Untuk kasus ini mungkin lebih mudah dipahami sebagai upaya tubuh menjaga kehangatan. Bila hal yang satu ini telah menjadi suatu budaya, memang berat untuk menghentikannya. Jalur yang sangat cepat menghentikannya adalah dengan cara ketua atau yang dianggap tua menghentikan merokok dan mereka membuat undang-undang atau peraturan yang melarang rokok.

Mencandu

Namun dari sekian banyak alasan merokok, ada beberapa yang cukup mendasar. Di antaranya menyangkut masalah kenikmatan maupun karena kebiasaan sehingga mencandu. Tidak mudah menggambarkan bagaimana kenikmatan yang dirasakan perokok saat menghisap sebatang rokok. Apalagi kenikmatan ini umumnya dirasakan orang-orang yang memiliki profesi atau pekerjaan yang berhubungan dengan seni atau dunia kreatif, seperti seniman, jurnalis, dan sebagainya. Mereka merasa tidak bisa lepas dari rokok. Rokok identik dengan ide.

Rokok berbeda dengan makanan. Rasa rokok pun hambar. Orang yang baru pertama kali merokok umumnya bukan disebabkan oleh rasanya yang enak seperti halnya kita mencicipi makanan. Namun karena rokok mengandung zat kimia yang menyebabkan ketergantungan, maka merokok pun akhirnya mencandu. Inilah bahaya yang dihasilkan dari kebiasaan yang sangat jelek ini.

Kalau sudah demikian, tidak mudah untuk menghentikan kebiasaan merokok. Secanggih dan semenarik apapun kampanye bahaya merokok tak akan dapat mengubah perilaku merokok secara cepat.

Oleh karena itu, upaya atau kampanye anti rokok sebaiknya bukan dengan iklan atau poster tentang dampak rokok terhadap kesehatan yang ditujukan untuk para perokok. Pemerintah mungkin lebih baik membatasi jumlah perokok baru, terutama dari kalangan anak-anak dan remaja.

Dengan pembatasan ini, diharapkan alasan merokok untuk kenikmatan yang mencandu dapat dicegah atau dieliminir.

Sumber: Biofar.ID

Keunggulan Serta Manfaat Jus Buah Bagi Kesehatan Tubuh

Buah-buahan dan sayur-sayuran telah dikenal dan dikonsumsi manusia sejak ribuan tahun yang lalu. Selain memiliki kandungan gizi seperti vitamin dan protein yang tinggi, buah-buahan dan sayuran memiliki rasa yang enak, segar dimakan, dan dapat dikonsumsi secara langsung maupun dibuat jus terlebih dahulu. Ya, jus buah!

Jus dipercaya dapat membersihkan dan memulihkan sistem tubuh. Dengan mengkonsumsi jus, baik itu buah atau sayur, tubuh lebih mudah mencerna sari buah dan sayuran tersebut. Selain itu, cara ini membuat buah atau sayur yang dikonsumsi pun bisa jauh lebih banyak ketimbang mengkonsumsinya secara langsung.

Beberapa hal yang perlu diketahui oleh para pecinta jus buah, di antaranya jangan memblender buah atau sayuran terlalu halus agar fungsi bagi tubuh tetap maksimal.

Konsumsi jus buah harus sesuai dengan kondisi tubuh, terlebih untuk para penderita gangguan metabolisme. Kemudian, jus yang telah dibuat sebaiknya langsung diminum, tidak dibiarkan dahulu guna menghindari proses oksidasi yang dapat menghancurkan dan merusak kandungan enzim dan vitamin di dalamnya.

Manfaat Jus Buah-buahan

Secara umum, jus buah-buahan bermanfaat bagi kesehatan. Di antaranya adalah :

  • Meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh
  • Memudahkan proses penyerapan nutrisi dan pencernaan
  • Menurunkan kadar kolestrol
  • Membantu dalam program diet
  • Mengeluarkan racun dalam tubuh
  • Menekan tekanan darah dan kadar gula dalam darah
  • Sebagai antioksidan
  • Mencegah sembelit

Banyak manfaat kesehatan dari jus yang tidak terbantahkan, namun orang mungkin bingung karena banyak juga laporan menyebalkan pada kesehatan, terutama konsumsi kalori yang memprihatinkan, sehingga perlu sekali di peringatkan kepada mereka minum terlalu banyak, atau bagi sebagian orang malah di minta untuk menghindarinya sepenuhnya.

Secara khusus, orang tua diberitahu untuk tidak menawarkan jus buah-buahan anak-anak mereka, tetapi untuk tetap pada susu atau air, dan sementara tujuan menyelamatkan anak-anak dari obesitas kedengaran seperti ide yang baik, tapi peringatan ini bisa di abaikan sedikit.

Akan halnya, juice dalam bentuk apapun dapat menjadi sumber vitamin dan mineral, dan jus banyak, penuh, dan sesak akan potasium, yang membantu untuk menyeimbangkan sodium dalam tubuh. Ini juga bisa sulit untuk mendapatkan tiga sampai lima dianjurkan porsi sayuran dan buah-buahan per hari, dan mengganti segelas jus membantu memberi orang satu porsi.

Meskipun jus sayuran tidak diragukan lagi biasanya lebih tinggi pada kandungan mineral dan vitamin, jus buah-buahan berwarna – terutama yang merah gelap dalam atau blues – sangat baik juga. Jus jeruk dapat juga menjadi sumber vitamin C.

Manfaat kesehatan dari jus biasanya tidak setara dengan manfaat kesehatan dari makan buah atau sayuran dari mana mereka dibuat. Satu hal yang kebanyakan orang menghilangkan ketika mereka mengganti jus buah-buahan adalah serat.

Bahkan ketika orang minum beberapa pulp sisa dari pembuatan jus, mereka tidak mendapatkan serat berkualitas tinggi yang sama bahwa mereka akan jika mereka berderak pada apel atau wortel dikonsumsi sebagai gantinya. Sejak diet banyak orang yang terlalu rendah serat makanan, penting untuk tidak hanya menggunakan jus sebagai sarana mendapatkan porsi buah dan sayuran.

Selain itu, manfaat kesehatan dari jus cenderung dikurangi dengan jenis jus yang dikonsumsi. Jus apel atau jus anggur putih lebih rendah daripada jus anggur merah dan jus cranberry. Banyak orang membeli jus yang dicampur, dan komponen utama adalah apel, anggur atau jus pir yang membantu mempermanis setiap jus buah-buahan lainnya ditambahkan.

Mereka yang mencari keuntungan dari jenis-jenis buah-buahan fokus pada jus yang dibuat semata-mata dari buah-buah dan menghindari campuran jus yang dipandang kurang bergizi. Semisal jus delima 100%, yang bukan campuran delima dengan sejenis gula. Ini juga penting untuk memastikan bahwa jus tidak dimaniskan dengan sirup sejenis gula atau jagung, yang dapat menurunkan nilai gizi.

Buah-buahan tertentu apabila di jus sudah jelas memiliki manfaat kesehatan tertentu, dan pula kelebihan khusus, bagaikan pasukan komando di dalam tubuh. Jus buah cranberry telah terbukti mengurangi kejadian infeksi kandung kemih. Sementara Jus anggur merah dapat mengurangi pembekuan darah dan beberapa studi telah menemukan hal yang sama efektifnya dengan anggur merah dalam pencegahan penyakit jantung.

Kebanyakan buah dengan warna yang mendalam memiliki anthocyanin, yang mungkin membantu menurunkan risiko penyakit Alzheimer, dan secara keseluruhan tingginya kandungan antioksidan dalam mayoritas jus berwarna dalam dan level tinggi yang mengandung vitamin C, memiliki manfaat anti-penuaan.

Keunggulan Jus Buah

Saat buah-buahan dikonsumsi secara langsung, perut akan cepat kenyang. Akan tetapi, hal ini tidak membuat semua zat gizi yang ada di dalamnya terserap maksimal oleh tubuh. Ada zat gizi tertentu yang justru masih ada di dalam buah dan malah terbuang ke dalam feses. Untuk mengantisipasi hal itu, buah harus dikonsumsi dengan cara dibuat jus.

Jus buah-buahan segar lebih baik daripada jus buah-buahan instan atau kemasan yang dijual di pasaran. Hal ini karena zat gizi yang ada di dalamnya masih utuh. Sedangkan zat gizi yang ada di dalam jus instan atau kemasan, sudah banyak berkurang saat proses pembuatan dan pengemasan. Belum lagi, dalam jus buah-buahan kemasan terkadang ditambahkan zat pengawet atau zat aditif lain (seperti pewarna dan pemanis buatan) yang justru membahayakan tubuh.

Pengaturan Konsumsi Meskipun jus buah-buahan baik bagi tubuh, banyak ahli kesehatan yang menyarankan agar konsumsinya tetap diatur. Misalnya, cukup sekali dalam sehari. Hal ini karena pada jus buah-buahan segar sekalipun, zat gula yang terkandung di dalamnya masih sangat tinggi. Ini bisa berbahaya, terutama bagi penderita diabetes mellitus.

Penggunaan jus buah-buahan yang lebih dari 1 kali sehari harus berdasarkan atas rekomendasi dari ahli gizi atau ahli medis. Para pengguna jus yang lebih dari satu kali ini misalnya saja orang yang diet dan orang yang mengikuti terapi jus.

Untuk anak-anak di bawah usia 6 tahun, jumlah jus buah-buahan yang disarankan per harinya adalah tidak lebih dari 4 – 6 ons (setara dengan 114 – 170 gram). Adapun untuk anak usia 7 – 18 tahun, jus buah-buahan yang disarankan per harinya adalah 8 – 12 ons (setara dengan 227 – 340 gram). Jika anak-anak sangat menyukai jus buah-buahan, penambahan air di setiap pemberian jus akan lebih baik. Asalkan jumlah jus murninya tidak lebih dari jumlah yang disarankan.

Tak Hanya Fokus pada Buah Tertentu Untuk mendapatkan manfaat jus yang komplet, ada baiknya tidak memilih salah satu jenis jus saja. Usahakan untuk mengonsumsi berbagai macam jus buah-buahan. Hal ini karena satu jenis buah dengan jenis buah yang lain mempunyai manfaat dan kandungan zat gizi yang berbeda-beda.

Cara Alami Mengusir Nyamuk

cara alami mengusir nyamuk

Banyaknya nyamuk di sekitar kami sebetulnya merasa benar-benar mengganggu. Selain suaranya yang lumayan nyaring, gigitannya termasuk dapat memicu kulit merasa gatal.

Cara Alami Mengusir Nyamuk

Bukan hanya gatal, lebih dari satu style nyamuk apalagi dapat mendatangkan penyakit berbahaya. Sebut saja malaria, zika, chikungunya, dan demam berdarah. Bila tidak ditangani secara benar, penyakit ini dapat mendatangkan kematian.

Untuk menangani perihal ini, banyak orang yang gunakan obat anti nyamuk. Sayangnya umumnya obat anti nyamuk mengandung zat kimia yang tidak semuanya baik untuk tubuh.

Namun, masih tersedia cara lain yang lebih alami seandainya ingin terbebas berasal dari gigitan nyamuk.

Berikut adalah cara alami mengusir nyamuk yang dirangkum berasal dari bermacam sumber:

1. Lavender

Tanaman lavender sudah lumayan populer untuk digunakan sebagai pengusir nyamuk. Tanaman ini banyak digunakan oleh obat nyamuk style semprot maupun oles sebagai bahan baku.

Lavender miliki persentase linalool dan lynalyl acetate yang aromanya benar-benar tidak disukai nyamuk. Lavender dapat digunakan dalam bentuk minyak yang dipakai untuk pengharum ruangan atau langsung dioleskan ke kulit.

Namun, seandainya ingin gunakan cara yang lebih mudah, lumayan menanamnya di pot dan menempatkan di sudut-sudut rumah.

2. Kulit Jeruk

Jangan langsung membuang kulit jeruk ke tempat sampah. Ternyata kulit jeruk miliki fungsi lain yakni sebagai pengusir nyamuk. Cara yang digunakan termasuk mudah.

Pertama, keringkan terutama dahulu kulit jeruk. Selanjutnya, lumayan menempatkan kulit jeruk yang sudah kering di tempat-tempat yang banyak dihinggapi oleh nyamuk. Nah, aroma yang keluar berasal dari kulit jeruk ini tidak disukai oleh nyamuk.

Mengapa nyamuk tidak menyukai aroma berasal dari kulit jeruk ? Hal ini disebabkan oleh senyawa limonene yang terdapat pada kulit jeruk.

3. Ragi dan Gula Merah

Tidak hanya sebagai bahan baku masakan, ragi dan gula merah ternyata termasuk dapat digunakan untuk mengusir nyamuk.

Untuk gunakan ragi dan gula merah, tidak semudah gunakan lavender dan kulit jeruk. Ada alat-alat penunjang lain seperti botol, koran dan air hangat.

Yang harus dijalankan adalah memotong botol di bagian tengahnya menjadi dua bagian. Kemudian menempatkan bagian atas botol secara terbalik ke dalam bagian bawah botol.

Campurkan air hangat, gula merah dan ragi selanjutnya tuang ke dalam botol yang sudah dibalik tadi. Rekatkan botol dengan lakban sehingga tidak bocor.

Terakhir menempatkan di tempat yang terlindung berasal dari hujan dan biarkan sepanjang dua minggu sampai botol dipenuhi oleh nyamuk.

4. Bawang Putih

Aroma bawang putih terbilang menyengat apalagi bagi manusia. Namun, gara-gara aroma khasnya inilah bawang putih dapat berguna untuk mengusir nyamuk.

Cara menggunakannya adalah hancurkan lebih dari satu ruas bawang putih selanjutnya rebus dalam air. Tuang air rebusan bawang putih ke dalam botol semprotan.

Selanjutnya, tinggal semprotkan saja ke tempat-tempat yang banyak dihinggapi oleh nyamuk.

5. Lemon dan Minyak kayu putih

Caranya lumayan gampang yakni dengan menggabungkan minyak kayu putih dan perasan lemon dalam jumlah yang sama.

Kemudian, usapkan hasil campuran tadi ke kulit sehingga terhindar berasal dari gigitan nyamuk. Aroma berasal dari kayu putih dan lemon lumayan menyengat sehingga tidak disukai oleh nyamuk.

Cara ini apalagi direkomendasikan oleh CDC (Center for Disease Control) sebagai metode efektif untuk mengusir nyamuk.

6. Daun Mint

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Bioresource, minyak mint dan ekstrak mint benar-benar efektif untuk mengusir nyamuk.

Banyak cara yang dapat digunakan untuk gunakan mint sebagai pengusir nyamuk. Seperti mengoleskan minyak mint ke tubuh, menyemprotkan ruangan dengan aroma mint sampai menamam daun mint di sekitar rumah.

Waktu Terbaik Untuk Beraktifitas Bagi Otak

Banyak yg menyangka cuma daya atau berat tubuh yang bisa berfluktuasi sepanjang sehari. Meski sebenarnya otak juga manusia punyai irama sendiri serta ada saat-saat terbaik. Sewaktu-waktu waktu brilian untuk beraktivitas khusus?

Seperti diambil dari Health.MSN, Senin (4/10/2010) ada 8 waktu khusus yg manakah seorang dapat berubah menjadi brilian dalam lakukan tugas-tugasnya, yakni:

Jam 7-9 pagi: Kala terpilih untuk menambah semangat serta gairah

“Waktu itu adalah kala yg prima untuk menambah ikatan dengan pasangan disaat baru bangun tidur,” papar Ilia Karatsoreos, PhD, pakar saraf dari Rockefeller University.

Perihal ini lantaran persentase hormon oksitosin (hormon cinta) ada di level paling tinggi selesai bangun tidur. Waktu ini adalah kala yg pas untuk menguatkan jalinan dengan beberapa orang yg sangat terpenting dalam kehidupan. Pengamat Inggris memaparkan kalau persentase oksitosin pada laki laki akan makin lama makin alami penurunan seiring bersamanya waktu.

Ini merupakan waktu terbaik untuk melakukan doa sholat dhuha.

Jam 9 pagi hingga 11 siang: Kala terpilih untuk kreatifitas

Pada saat itu otak punyai hormon kortisol (hormon depresi) yg cukuplah, hingga bisa menunjang fokus pikiran serta perihal ini tdk di pengaruhi oleh umur berapapun.

Sekarang adalah waktu yg sempurna untuk belajar dan kerjakan pekerjaan yg perlu riset serta konsentrasi. Sebab itu waktunya meningkatkan gagasan baru, membuat presentasi atau lakukan brainstorming.

Jam 11 hingga jam 2 siang: Kala terpilih untuk lakukan pekerjaan yg susah

Pengamat Jerman memaparkan kala itu hormon melatonin (hormon tidur) udah alami penurunan tajam, hingga badan lebih siap untuk kerjakan beban project atau pekerjaan yg susah serta keras.

Tapi seharusnya tidak lakukan sejumlah pekerjaan dengan cara bertepatan, lantaran akan membuat seorang kehilngan konsentrasi. Sebab itu waktunya lakukan presentasi atau lakukan pekerjaan yg berat yang lain.

Jam 2-3 siang: Kala terpilih untuk beristirahat

Untuk mengolah makan siang, karena itu badan akan menarik darah dari otak ke perut, keadaan ini akan membuat konsumsi darah atau oksigen ke otak dikit menyusut yg membuat seorang jadi mengantuk. Sebab itu coba beristirahat sekejap dari pekerjaan.

Bila haruslah tetap kerja serta menantang kantuk, coba jalan-jalan sekejap, lakukan meditasi atau minum air putih. Perihal ini dapat menambah volume vaskuler serta perputaran hingga menambah saluran darah ke otak.

Jam 3 siang hingga 6 sore: Kala terpilih untuk sinergi

“Ketika saat ini otak akan terasa begitu capek,” papar Paul Nussbaum, PhD, seseorang neuropsikolog klinis. Sebab itu tidaklah ada kelirunya untuk lakukan sinergi dengan teman kerja atau lakukan pekerjaan yg berlainan. Kendati otak tdk setajam waktu awal mulanya, tetapi seorang akan terasa lebih enjoy serta dorongan tubuhnya ikut lebih rendah.

Jam 6 sore hingga 8 malam: Kala terpilih untuk lakukan tugas-tugas pribadi

Di antara jam itu, pengamat menemukannya kalau otak udah masuk dalam bagian ‘pemeliharaan’, yakni disaat produksi melatonin masih tetap ada di level rendah.

Tidaklah ada kelirunya untuk jalan-jalan seseorang diri atau berbarengan kawan-kawan, menyediakan makan malam atau nikmati waktu yg berkualitas berbarengan bagian keluarga.

Jam 8-10 malam: Kala terpilih untuk bersantai

Pada sekarang ada perubahan dari keadaan terbangun berubah menjadi mengantuk, lantaran persentase hormon melatonin akan bertambah cepat. Disamping itu persentase serotonin (neurotransmitter yg terkait dengan semangat) akan menipis.

Rubin Naiman, PhD spesialis problem tidur dari University of Arizona’s Center for Integrative Medicine memaparkan lebih kurang 80 % serotonin akan dirangsang dari paparan cahaya matahari, hingga bila matahari terbenam persentase dalam pada badan ikut menyusut.

 

“Saat malam hari disaat otak udah capek, adalah langkah terpilih untuk bikin badan berubah menjadi enjoy seperti melihat film lucu, merajut atau lakukan perihal yg dapat membuat badan enjoy atau santai,” papar Naiman.

Jam 10 malam ke atas: Kala terpilih untuk tidur serta menuda semua pekerjaan

Sekarang adalah saatnya istirahat malam serta tidur, penataan sinar bisa menunjang membiarkan otak beristirahat. Selesai beberapa waktu, otak akan siap kembali untuk mengawali kegiatan baru.

Upayakan untuk memperoleh tidur yg cukuplah sekitar 7-8 jam, hingga dapat memperoleh kesehatan serta daya yg terbaik pada pagi hari.