persiapan sebelum aqiqah

Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Acara Aqiqah

Aqiqah merupakan ungkapan rasa syukur atas nikmat karunia buah hati yang Allah berikan. Acaranya dapat dibuat sederhana saja, atau mewah. Semuanya tergantung keinginan sang pemilik hajat. Dalam syariat yang dicontohkan oleh baginda Rosul SAW sebenarnya aqiqah cukup menyembelih 1 kambing untuk anak perempuan dan 2 ekor kambing untuk anak laki-laki, kemudian membagikan masakan kambing tersebut kepada kerabat dan tetangga.

Namun tidak ada salahnya juga ketika seseorang ingin memeriahkan acara aqiqah, jika punya harta yang berlebih. Dengan niat ingin berbagi kebahagiaan kepada masyarakat. Lalu apa saja yang perlu dipersiapkan dan diperhatikan sebelum menggelar acara aqiqah? Berikut ulasannya:

  1. Tentukan Konsep Aqiqah

Sederhana boleh, tapi sebaiknya tetap terkonsep. Tidak asal-asalan dan mengalir tanpa perencanaan. Dengan mengonsep acara, Anda dapat mengatur besarnya pengeluaran untuk acara. Semakin sederhana acara tentunya akan memperkecil biaya yang dikeluarkan.

Anda bisa memimpin sendiri jalannya acara, atau menunjuk seseorang untuk menjadi MC. Sederhana saja tidak masalah, yang penting sudah ada pembacaan doa dan tausiyah dari seorang ustadz, itu sudah sangat cukup. Usahakan untuk mencari ustadz yang sudah dikenal dan disukai masyarakat, agar pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh mereka.

  1. Hitung Anggaran

Angaran perlu direncanakan dengan matang agar tidak membengkak ketika di evaluasi. Dalam menentukan anggaran, ada baiknya Anda sudah mengetahui bagaimana konsep acaranya seperti yang dijelaskan dalam point pertama di atas.

Perencanaan anggaran ini bisa dilakukan jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan aqiqah, atau bahkan jauh sebelum di bayi lahir. Bagaimana matangnya persiapan Anda sebesar itu pula kesungguhan Anda untuk bersyukur pada Sang Pencipta.

  1. Tentukan Undangan

Siapa saja yang akan diundang juga perlu untuk diperhatikan. Jangan lupa untuk dilist keluarga atau kerabat dekat dahulu, agar tidak ada diantara mereka yang ketinggalan. Setelah itu baru tetangga sekitar dan orang-orang yang kurang mampu. Tentukan jumlah undangan dan seberapa jauh radius Anda menyebar undangan di sekitar rumah.

Jangan lupa untuk menghadirkan mereka kaum dhuafa yang ada di sekitar kita. Karena mereka yang lebih membutuhkan undangan makan itu.

Ada suatu ungkapan “Memberi makan kepada yang lapar jauh lebih besar pahalanya dari pada kepada orang kenyang”. Artinya sama-sama ikhlas memberi satu piring kepada orang miskin dan kepada orang kaya itu akan berbeda pahalanya.

  1. Pilih Jasa Aqiqah yang Tepat

Dewasa ini semakin banyak jasa aqiqah di kota besar seperti Jakarta dan sekitarnya. Ada baiknya Anda memilih jasa aqiqah yang sudah jelas-jelas kredibel dan berpengalaman mengelola catering seperti Bunayya Aqiqah Jakarta misalnya. Harganya miring dan rasanya pun tidak menyecewakan. Rata-rata customer yang memesan disana merasa puas dengan masakan dan pelayanannya.

Kemudian jangan lupa untuk memastikan bahwa proses penyembelihan dilakukan dengan baik dan benar sesuai syariat. Sehingga daging 100% halal dan tidak bau amis. Karena amis tidaknya daging kambing juga sangat tergantung pada proses penyembelihannya. Jika salah dalam proses penyembelihannya, bau amis pada dagingnya akan susah untuk diperbaiki.

 

  1. Persiapkan Dekorasi Acara

Dekorasi acara dapat Anda jadikan sebagai opsi untuk memeriahkan acara aqiqah. Jika cukup uang Anda dapat menggunakan jasa profesional untuk mensetting dekorasi acara Anda. Tapi jika tidak ingin lebih banyak pengeluaran, Anda dapat membuat dekorasi sendiri yang unik menggunakan barang-barang yang ada di rumah.

Agar warna semakin ramai Anda dapat membeli beberapa balon dan kertas hias yang ditempelkan ke tembok atau plafon rumah. Sederhana saja tidak mengapa, jika itu desain Anda sendiri maka akan lebih berkesan dan terkenang dalam foto kenangan keluarga.

Demikianlah sedikit uraian mengenai hal-hal yang perlu disiapkan sebelum menggelar acara aqiqah. Semoga dapat membantu Anda dalam mempersiapkan acara aqiqah si kecil.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.