5 Syarat Untuk Menggapai Kemenangan Dakwah Islamiyah

Dakwah Islamiyah – Setiap muslim yang memiliki ghirah Islamiyah, tentu mendambakan tatanan masyarakat yang Islami yang padanya dijunjung tinggi nilai-nilai ajaran Islam, maksiat tidak dilakukan secara demonstratif, orang shaleh dihargai, ahli maksiat merasa minder, media massa sangat mendidik, bersih dari budaya-budaya jahiliah.

Ketika itu tidak ada kebohongan publik, tidak ada kedzaliman terhadap sesama, tidak ada pengangguran, masyarakat aman tenteram, masjid – masjid selalu penuh dengan jamaah, jilbab merata di masyarakat. Itulah sekelumit impian seorang muslim yang cinta pada agamanya.

Cita-cita mulia ini menuntut kerja keras yang panjang, kerja sama dan persatuan yang solid dan kekuatan yang cukup untuk menghadapi kekuatan bathil yang menentang cita-cita mulia ini. Untuk itulah da’wah digalakkan, karena itulah perjuangan kita dengan berbekal ilmu yang benar Aqidah yang bersih, iman yang kuat, sikap bijak yang tinggi serta sifat sabar yang membaja.

Da’wah Islamiyah bertujuan untuk Idzharuddin (menampakkan Dinul Haq ini). (Renungkan Q.S. As-Shaf: 9 ) dan untuk Iqamattuddin (menegakkan Dinul Haq ini) (Renungkan Q.S. As-Syura’:13).

Dalam perjalanan panjang perjuangan mulia ini, sangat penting bagi kita untuk selalu melakukan Muhasabah (Evaluasi), Tafakkur (Renungan), untuk menilai ulang perjalanan kita, untuk mengukur seberapa besar kemajuan yang kita raih dan seberapa kuat Istiqamah (konsistensi) dan Iltizam (Kepatuhan) kita selama ini.

Sebuah renungan singkat pada syarat – syarat kemenangan yang merupakan bagian dari Sunatullah pada kemenangan satu ummat, dan kejayaan satu aqidah, menghasilkan rumusan syarat – syarat berikut ini

1. Kekuatan Jamaah

kekuatan jamaah islam
eramuslim.com

Da’wah Islamiyah hanyalah diperjuangkan melalui jama’ah (organisasi, lembaga, kelompok) karena Islam adalah Dinul Jamaah.(Q.S. Ali-Imran :102). Kekuatan jamaah didasarkan pada kekuatan aqidahnya, dan pemahamannya yang syamil.

2. Kekuatan Kerja Sama

Oleh karena keragaman jamaah sebagai satu realitas yang diakomodir oleh Islam, maka yang wajib dilakukan ialah dialog lintas Jamaah, silaturrahim lintas Harakah, kerjasama antar Organisasi, untuk mewujudkan kekuatan kelompok yang lebih besar untuk tujuan – tujuan da’wah yang jelas. Kekuatan kerjasama ini didasarkan pada kekuatan ukhuwah Islamiyah.

3. Kekuatan Penggalangan Kelompok Elite Ummat

Merupakan kewajiban setiap jamaah untuk menggalang dan mengikut sertakan lima kelompok elit ummat yaitu: elit Politik, elit Agama, elit Ilmiah, elit Ekonomi dan elit Militer. Kekuatan penggalangan ini didasarkan pada kekuatan komunikasi.

4. Kekuatan Media Massa

media massa
aronarshida.com

Media massa merupakan ujung tombak penyebaran ide, berita dan informasi, dan sangat berperan pada pembentukan opini publik. Itulah sebabnya sehingga jamaah da’wah harus memiliki akses yang kuat pada media massa. Kekuatan media massa sangat terkait dengan kekuatan komunikasi dan pendanaan.

5. Kekuatan Hubungan Dengan Allah swt

Allah swt sebagai sumber segala kekuatan, sumber Ilham, Taufiq dan Inayah. Olehnya itu hubungan dengan Allah harus diperkuat secara benar, pada seluruh tahapan da’wah, sepanjang perjalanan da’wah ini.
Kekuatan hubungan dengan Allah swt akan mewujudkan hikmah, sikap bijak, sifat sabar, ketenangan dan kesucian, sehingga setiap langkah senantiasa di bawah bimbinganNya.

Demikianlah renungan singkat pada syarat kemenangan da’wah Islamiyah. Pertanyaannya kini ialah: sudahkah kita memulai langkah pertama dalam persiapan kekuatan yang menyeluruh ?. Wallahul Muwaffiq

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *