Pengertian, Fungsi, Jenis & Contoh Noun ( Kata Benda ) Terlengkap

Dalam bahasa Indonesia mungkin kita mengenal ada banyak sekali kata benda baik itu dalam hal rupa yang memang benar-benar kata benda dan kata benda dalam hal makna kedudukan dalam sebuah kalimat. Dalam menyusun kalimat yang ada kata benda di dalamnya mungkin tidak sesulit menyusunnya dalam bahsa inggris.

Mengapa demikian? Hal ini tak lain dan tak bukan adalah karena dalam bahasa inggris ada banyak sekali jenis kata benda dan fungsinya yang berbeda-beda yang harus benar-benar diperhatikan dalam grammatical bahasa inggris.

Kata Benda

Image Source: bp.blogspot.com

Untuk anda yang belum mengenal jenis-jenis dari kata benda atau noun dalam bahasa inggris maka anda tak perlu khawatir karena di sini anda akan dijelaskan beserta contoh dari noun itu sendiri.

Sebelum membahas jenis apa saja dari noun ini maka ada baiknya kita mengetahui terlebih dulu fungsi dari pada noun itu sendiri. Fungsi noun bisa menjadi subjek dalam kalimat. Selain itu, noun juga bisa menjadi objek pelengkap dalam suatu kalimat baik itu objek langsung ataupun tidak langsung.

Dan fungsi yang terakhir adalah sebagai kata keterangan/prepotition. Nah selanjutnya kita akan membahas mengenai jenis-jenis noun yang umumnya ada dalam bahasa inggris. Diantaranya adalah :

  1. Countable-uncountable noun. Arti dari countable adalah terhitung dan uncountable adalah tidak terhitung. Sehingga dari sini kita bisa pahami bahwa ada kata benda atau noun yang merupakan jenis yang bisa dihitung dan tidak bisa dihitung.Contoh countable noun adalah seperti aple, hp, doll, chair, plate, glass, computer, pencil, book dan lain sebagainya. Intinya adalah benda-benda yang sekiranya jika dalam jumlah banyak kita masih mampu untuk menghitungnya.

    Sedangkan contoh dari uncountable noun adalah seperti sugar, rice, water, coffe, sand, oil, etc. Uncontabel noun ini merupakan benda di sekeliling kita yang tidak memungkinkan kita untuk menghitungnya dalam jumlah yang banyak atau tak terhingga.

  2. Proper and common noun. Dalam hal ini proper noun merupakan suatu benda yang dikhususkan. Biasanya merupakan nama dari sebuah tempat sehingga penulisan huruf awalnya biasanya menggunakan capital.Contohnya adalah seperti Surabaya, Gramedia, Solo, dan lain sebagainya yang lebih spesifik. Sedangkan common noun adalah tempat yang umum sehingga karena tidak spesifik maka penulisannya tidak menggunakan huruf capital. Contohnya adalah seperti hospital, house, sea, store, dan lain sebagainya.
  3. Abstract and concrete noun. Segala hal yang sifatnya abstract atau tidak terlihat bisa jadi merupakan noun seperti contohnya adalah feeling, love, idea, hoby, dream, dan lain sebagainya.Sedangkan untuk concrete noun merupakan noun yang terlihat oleh indra penglihatan seperti misalnya person, cloth, shoes, doll, flower, dan lain sebagainya.
  4. Collective noun. Jenis noun ini merupakan noun yang satu paket. Dalam hal ini noun ini merupakan sekumpulan dari beberapa hal. Misalnya class, pair, team, dan lain sebagainya. Biasanya collective noun ini menggunakan verb bentuk singular.

Nah, dari beberapa jenis noun tersebut mungkin dalam bahasa Indonesia tidak seberapa diperhatikan. Berbeda jika dalam bahsa inggris. Jenisnya sangat diperhatikan. Dengan kata lain penyusunan dalam kalimatnya juga bisa berbeda sesuai dengan jenis dari noun itu sendiri.

Dengan penjelasan ini tentu anda kini mulai bisa lebih memahami jenis noun dalam bahasa inggris bukan?. Anda bisa mulai mencoba mencari berbagai kata benda atau noun yang ada di sekitar anda. selanjutnya cobalah untuk mengamati masuk dalam jenis apakah noun tersebut. setelah itu anda  bisa mencoba menyusunnya dalam sebuah kalimat yang baik dan benar.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.