Pengertian Comparative Adjective Berikut Contohnya

Saat anda mulai belajar bahasa inggris maka kemungkinan besar anda akan diarahkan pada beberapa cabang ilmu bahasa inggris yang wajib anda tahu dan wajib anda bisa. Salah satunya adalah mengenai grammar atai grammatical penulisan bahasa inggris.

Pengaturan Grammar

Image Source: pinterest.com

Grammar akan lebih tertuju pada bagaimana anda menuliskan kalimat bahasa inggris yang baik dan benar berdasarkan kaidah aturan kepenulisan dalam bahasa inggris. Ada banyak sekali pelajaran grammar yang akan diajarkan pada anda agar cakrawala kian luas dan tetap membumi. Mulai dari aturan sebuah kalimat bahasa inggris yang harus ada subject dan verb, hingga pada pembahasan yang lebih spesifik lainnya. Misalnya adalah comparative adjective.

Pernahkah anda mendengar mengenai jenis kalimat comparative adjective ini? tentu pernah bukan? Nah tahukah anda apa yang dimaksud dengan comparative adjective ini? untuk mempelajari mengenai satu bidang kalimat bahasa inggris ini maka terlebih dahulu anda harus paham akan makna dasar dari comparative adjective.

Comparative adjective merupakan salah satu jenis kalimat dalam bahasa inggris yang mana di dalamnya ada perbandingan dua hal berdasarkan kata sifatnya atau adjectivenya. Tentu saja yang akan dibandingkan ini merupakan dua hal yang berbeda.

Nah dalam bahasa inggris kalimat yang digunakan untuk menunjukkan bahwa dua hal ini berbeda dalam sifatnya sudah diatur dengan kaidah susunan kalimat yang baik dan benar dengan nama comparative adjective ini.

Contoh perbandingan yang dimaksud ini adalah seperti misalnya pada kalimat bahasa Indonesia “aku lebih cerdas dari dia(pr)”. Maka dalam bahasa inggris anda bisa mengartikannya dengan “I’m smarter than her”.

Nah dalam comparative adjective ini biasanya ada dua jenis aturan yang dipakai. Apa sajakah itu: di bawah ini akan diterangkan kepada anda beserta contohnya agar anda bisa semakin memahami setiap aturan dan jenisnya :

  1. Short adjective. Sesuai dengan nama jenis yang pertama ini maka kalimat yang akan dibandingkan adalah dengan menggunakan adjective yang pendek. Adjective yang pendek contohnya adalah smart, long, short, high, tall, dan lain sebagainya. Intinya hanya terdiri dari satu suku kata saja atau dua suku kata.Nah untuk membandingkan adjective pendek ini maka anda bisa menggunakan tambahan kata –er pada setiap adjective yang akan dibandingkan. Seperti pada contoh di atas yang menambahkan –er pada bagian belakang kata smart. Contoh lain yang bisa menjelaskan comparative adjective ini adalah seperti ; your car is cheaper than his car.
  2. Long adjective. Berbeda dengan short adjective, di sini kata sifat atau adjective yang akan digunakan merupakan kata sifat yang memiliki setidaknya lebih dari dua suku kata. Dengan perbedaan suku kata ini tentu saja kita tidak bisa menggunakan tambahan –er untuk imbuhan perbandingan kata sifatnya.Lantas harus menggunakan apa? Jawabannya adalah dengan menggunakan kata “more” yang artinya adalah lebih. Untuk contohnya adalah seperti pada kalimat; Mona is more beautiful than Lisa. Nah kata beautiful memiliki suku kata lebih dari dua sehingga otomatis harus menggunakan kata more untuk melakukan perbandingan.

Sebenarnya baik untuk short adjective maupun long adjective dalam speaking anda bisa menggunakan imbuhan -er untuk keduanya. Hanya saja secara grammatical tentu anda akan salah.

Sehingga lebih baik anda mengikuti aturan tata bahasa yang ada dan yang telah diatur sedemikian rupa. Untuk penggunaan more, dua suku kata pun bisa digunakan. Hanya saja kata tersebut tidak memiliki akhiran –y.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.