Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dan Tanda Hitam Pada Wajah

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan aman

Bekas jerawat pada dasarnya adalah efek samping jangka panjang dari jerawat Anda yang berumur pendek. Jerawat yang tidak terduga cukup mengganggu, tetapi bekas jerawat dan bekas luka yang gelap sering kali lebih buruk. Meskipun tidak ada tongkat sihir yang dapat menyingkirkannya dalam semalam, para ahli dermatologi top dari seluruh negara berbagi bagaimana menangani tanda dan benjolan, dari pencegahan hingga pengobatan.

Apa perbedaan antara bekas jerawat dan bekas luka?

Untuk mengobati bekas jerawat dan bekas luka, sebaiknya pelajari cara membedakan keduanya. “Apa yang banyak orang tidak menyadari adalah bahwa tanda gelap atau merah muda pada kulit sebenarnya bukan bekas luka jerawat. Peradangan di kulit sering meninggalkan noda sebagai bagian dari proses penyembuhan alami.

Peradangan merevitalisasi produksi pigmen, menciptakan tanda yang memudar sendiri selama beberapa minggu hingga berbulan-bulan, “kata dokter Dr. Joshua Zeichner. Tidak seperti bekas luka, ini halus untuk disentuh dan menandakan bahwa tidak ada kerusakan kolagen permanen pada kulit.

Bekas jerawat, di sisi lain, terbentuk ketika ada kerusakan pada kulit yang mengarah pada produksi kolagen yang abnormal, dan biasanya muncul mengangkat atau bergelombang. “Ada dua jenis bekas jerawat: tertekan dan terangkat. Bekas luka yang depresi mungkin terlihat seperti lubang atau kawah, dan bekas luka yang ditimbulkan mungkin keras dan lunak,” jelas Dr. Zeichner, yang mencatat bahwa sayangnya, ini permanen.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Perawatan parut jerawat sebaiknya ditangani dengan perhatian dan perawatan khusus dari dokter kulit Anda karena memerlukan prosedur yang lebih intens daripada opsi over-the-counter. Kekurangannya: Perawatan cenderung mahal. Jika Anda tidak cukup siap untuk melubangi tabungan Anda, ketahuilah bahwa Anda tidak sendirian dalam perjuangan Anda dengan bekas jerawat. Hanya dengan menata ulang cara berpikir Anda, Anda bahkan bisa belajar merasa jauh lebih nyaman dengan mereka.

1. Suntikan steroid

Jika Anda merasa stres jerawat membesarkan kepalanya yang jelek, suntikan steroid dapat diberikan pada hari yang sama Anda memanggil derm Anda karena prosesnya sangat cepat. Tidak hanya segera mengurangi peradangan dari jerawat yang ada, tetapi kortison juga dapat membantu bekas luka yang tebal (keloid) tampak lebih lembut dan datar. “Ini khusus untuk mengangkat parut, bagaimanapun,” kata Dr. Shah. “Ini akan membantu meratakan bekas lukanya, tetapi itu tidak akan berpengaruh pada ketidaksesuaian dalam tekstur.”

2. Pengisi dermal

“Bekas luka tertentu dapat diisi dengan zat yang meningkatkan area depresi, seperti asam hyaluronic. Ini dapat membuat permukaan kulit lebih rata dan menghilangkan bayangan,” kata Dr Bowe. Sampai saat ini, pengisi bukanlah cara menghilangkan bekas jerawat yang langgeng. Tapi sekarang, jika Anda berusia lebih dari 21 tahun, Bellafill adalah pengisi dermal pertama yang disetujui FDA yang dirancang untuk secara permanen mengoreksi bekas jerawat yang sedang hingga parah.

Tidak seperti pengisi lainnya, mengandung dua bahan berbeda untuk membantu memperbaiki jaringan parut jerawat. “Ini adalah 20% polymethylmethacrylate (PMMA), yang membantu tubuh Anda membuat lebih banyak protein untuk memungkinkan dirinya untuk sembuh,” kata Dr. Shah. “PMMA adalah bola kecil yang berfungsi sebagai perancah.

Kebanyakan pengisi menurun seiring waktu, tetapi karena PMMA tidak dapat diserap ke dalam tubuh, ini menawarkan hasil permanen,” katanya. 80% lainnya adalah kolagen. Prosedur ini memakan waktu sekitar 20-30 menit, dan sementara Anda mungkin memerlukan sentuhan beberapa bulan kemudian, beberapa orang hanya memerlukan perawatan tunggal, kata Dr. Shah.

3. Laser

Dermatologists sering merombak kolagen menggunakan laser, “yang tidak sepenuhnya menghilangkan bekas jerawat tetapi dapat meningkatkannya hingga 30% atau lebih,” menurut Dr. Woolery-Lloyd. “Ini dapat membantu mengurangi kemerahan yang terkait dengan bekas jerawat dan bekas luka. Saya menggunakan laser pewarna pulsa yang disebut V-Beam untuk bekas luka merah. Saat merawat bekas luka lama yang tidak lagi merah, saya suka menggunakan laser Fraxel.

Ketika laser digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat, hasilnya dapat berbeda secara dramatis berdasarkan dua hal: berapa banyak perawatan yang telah Anda lakukan, dan berapa banyak downtime sosial yang Anda mau terima sebagai bagian dari proses pemulihan, “kata Dr Bowe.

“Erbium laser resurfacing juga merupakan pilihan lain dan lebih agresif daripada Fraxel,” kata Dr. Shah. “Ini adalah pembakaran minimal jaringan di sekitarnya dan memiliki lebih sedikit efek samping seperti kurang bengkak dan kemerahan, tetapi itu tidak akan bekerja untuk mereka dengan warna kulit yang lebih gelap.”

4. Punch excisions

“Prosedur ini paling baik bagi mereka dengan bekas luka icepick, yang tidak selebar luka gosok atau boks mobil,” kata Dr. Shah. “Jika Anda menggunakan eksisi pukulan pada bekas luka yang melebar di permukaan, Anda membuat pukulan yang lebih besar dan bisa dengan satu bekas luka untuk yang lain,” katanya. ‚ÄúDokter kulit Anda akan mematikan area tersebut dan menggunakan alat pemotong kue kecil untuk memotong bekas luka, lalu menjahitnya dengan jahitan kecil.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.