Kisah Menarik Dari Biografi Calvin Coolidge 

Biografi adalah sebuah kisah seorang tokoh yang ditulis orang lain. Tujuannya agar pembacanya dapat mengambil hal-hal baik yang ada pada tokoh tersebut. Sama halnya dengan kisah dari tokoh-tokoh lain, banyak hal menarik yang dapat diambil dari kisah biografi Calvin Coolidge.

Calvin Coolidge ini memiliki nama asli John Calvin Coolidge Jr. Ia merupakan seorang presiden Amerika Serikat yang ke-30 menggantikan presiden sebelumnya, yaitu Warren G. Harding yang meninggal dalam masa jabatannya.

Kelahiran Calvin Coolidge

Image Source: millercenter.org

John Calvin Coolidge Jr. Lahir tepat pada tanggal kemerdekaan Amerika Serikat yaitu 4 Juli 1872 di kota Plymouth, Windsor County, Vermont. Ayahnya bernama John Calvin Coolidge Sr. Dan ibunya bernama Victoria Moor.

Salah satu keunikan dalam biografi Calvin Coolidge adalah namanya yang sangat mirip dengan nama ayahnya. Pekerjaan dari sang ibu adalah seorang pedagang, sedangkan ayahnya adalah seorang penjaga keamanan di kampung tempat kelahirannya.

 

Awal Karir Calvin Coolidge

Seusai tamat dengan prestasi cum-laude dari pendidikan di sekolah tinggi, ia mulai berkecimpung didalam dunia politik dan hukum. Calvin Coolidge mulai maju dalam dunia politik dengan bergabung Partai Republik dan menjadi anggota Dewan Kota hingga Gubernur negara bagian Massachusetts.

 

Selama duduk di kursi kepemimpinan Massachusetts, namanya menjadi sangat terkenal di seluruh Amerika Serikat karena usaha kerasnya dalam membentuk Serikat Buruh Polisi di kota Boston serta penentangan terhadap aksi pemogokan polisi di kota tersebut.

 

Masa Kepemimpinan Calvin Coolidge

Seperti yang telah diketahui dalam biografi Calvin Coolidge, sebenarnya Calvin Coolidge adalah wakil presiden dari Warren G. Harding. Namun presiden Harding meninggal dalam masa jabatannya, kemudian digantikan oleh Calvin Coolidge yang merupakan wakilnya.

 

Ia dilantik menjadi presiden pada tanggal 3 Agustus 1923 pukul setengah tiga pagi di rumah ayahnya yang berada di Vermont. Ayahnya, menyaksikannya secara langsung pengangkatan sumpah presiden dengan memegang kitab suci di bawah sinar lampu minyak tanah.

Selama menjadi presiden, Calvin Colidge bertekad untuk mempertahankan norma-norma ekonomi dan moral lama di tengah kemakmuran rakyat Amerika Serikat. Ia menolak penggunaan kekuasaan ekonomi dalam pemerintah federal untuk membatasi kemakmuran perekonomian.

Untuk itu, ia dipilih menjadi presiden kembali pada pemilihan presiden Amerika Serikat di tahun 1924. Calvin Coledge berhasil memenangkan pilpres dengan meraih total 54 persen suara dari jumlah seluruh pemilih.

Setelah Masa Kepemimpinan Calvin Coolidge

Setelah masa kepemimpinan Calvin Coolidge sebagai presiden Amerika Serikat, ia menjadi direktur dari sebuah perusahaan asuransi jiwa serta menulis artikel-artikel yang telah dimuat dalam berbagai surat kabar.

Calvin Coledge meninggal dunia di usianya yang ke 60 tahun pada tanggal 5 Januari 1933 di Northampton, Massachusetts akibat serangan jantung. Ia meninggalkan seorang istri dan dua orang anak laki-laki.

Keluarga Calvin Coolidge

Calvin Coolidge mempunyai seorang istri yang bernama Grace Anna Goodhue Coolidge. Grace Coolidge lahir pada tanggal di 3 Januari 1879 di Burlington, Vermont dan meninggal pada tanggal 8 Juli 1957 di Notrhampton, Massachusetts.

Selain itu, Calving Coledge juga memiliki dua orang anak bernama John Coolidge yang lahir pada tanggal 7 September 1906 dan meninggal pada 31 Mei 2000, serta Calvin Coledge Jr. Yang lahir pada tanggal 13 April 1908 dan meninggal pada 7 Juli 1924.

 

Banyak hal penting yang dapat diambil dari biografi Calvin Coolidge ini. Ia terkenal dengan kejenakaanya dan sifat pendiamnya serta perjuangan kerasnya dalam menghemat anggaran pemerintahan negara.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.